Siapa yang tidak kenal dengan buah markisa ini, buah yang memiliki rasa yang manis serta aroma yang harum. Ketika kulit yang berwarna kuning orange ini di kupas maka akan terlihat biji seperti selasih yang sangat menyegarkan. Markisa ini sering di jadikan sebagai sirup atau bisa juga di makan langsung, selain enak dan menyegarkan ternyata manfaat markisa ini sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat yang terdapat pada buah markisa ini mungkin masih belum banyak orang mengetahuinya, karena buah yang yang 1 ini memang sangat jarang terlihat. Buah markisa ini bukan hanya sekedar sebagai tambahan dalam sajian minuman atau makanan saja namun buah markisa juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat markisa :
1. Sumber serat
2. Kaya vitamin C
3. Mengandung vitamin A
4. Tinggi antioksidan
5. Mengurangi kecemasan
6. Meningkatkan daya tahan tubuh
7. Indeks glikemik yang rendah
8. Menjaga kesehatan jantung
9. Menaikkan fungsi insulin
10.Mengandung antiradang

Namun apakah buah markisa ini aman untuk di konsumsi? Sebenarnya manfaat markisa ini mungkin tidak bisa di rasakan bagi yang sedang mengalami alergi terhadap lateks. Mengap demikian? karena struktur protein dari buah markisa ini hampir mirip dengan struktur protein lateks sehingga bagi penderitanya dapat menimbulkan alergi.

Selain itu bila kalian mengkonsumsi buah markisa yang yang warnanya ungu juga bisa menimbulkan racun jika di konsumsi sangat banyak, karena buah markisa berwarna ungu memiliki mengandung senyawa cyanogenic glycoside yang nantinya bisa berinteraksi dengan enzim di tubuh dan bisa membentuk racun sianida.

Cara pengolahan buah markisa ini bisa anda nikmati dengan di olah atau di makan secara langsung, namun jika kalian ini mengkonsumsi buah ini secara langsung anda bisa membelah buah markisa menjadi 2 bagian lalu mengambilnya dengan sendok jika ingin memakan beserta bijinya, namun jika kalian tidak ingin memakan bijinya anda bisa menyaringnya agar biji dan dan bulirnya terpisah.Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah markisa dalam bentuk kalengan .

Manfaat pada buah markisa ini belum tentu bisa dirasakan oleh semua orang karena pasti ada sebagian orang yang mengalami alergi pada lateks dan jika mengkonsumsinya maka akan menimbulkan esiko yang tidak baik untuk tubuh.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *