Berada di rumah atau #DiRumahAja adalah salah satu cara yang di anggap data memutuskan rantai penyebaran dari virus SARS-CoV-2 atau yang diketahui sebagai corona Covid-19. Selain bekerja dan beribadah, pemerintah juga meminta untuk kegiatan belajar anak sekolah saat ini di lakukan di rumah. Akan tetapi semua orang tua yang merasa kesusahan dengan cara ini. Karena mereka memang harus bekerja sendiri dalam nengasuh dan juga menjadi guru untuk anak di rumah.

Belajar jarak jauh di rumah yang artinya orang tua mempunyai pesan penting untuk memantau kegiatan anak di rumah selama sekolah di liburkan. Jika tidak dapat untuk menerapkan system belajar jarak jauh, anak dapat tertinggal di bandingkan siswa lainnya saat sekolah mulai kembali di lakukan dengan normal.

Cara Agar Anak Betah Belajar Dirumah

1. Menjelaskan Situasi
Jelaskan keadaan yang terjadi saat ini pada anak tentang social distancing dan aktivitas di rumah. Berikan pemahaman kalau anak tetap wajib untuk belajar di rumah. Jelaskan jika belajar di rumah adalah salah satu bentuk untuk mencegah penularan virus corona.

2. Membuat Jadwal Teratur
Saat libur sekolah bukan berarti harus untuk bersantai-santai. Jelaskan kepada anda kalau keadaan yang terjadi kalau sekolah tetap berlangsung dan Cuma hanya di pindahkan ke rumah. Oleh sebab itu, aturlah jadwal seperti kegiatan di sekolah.

Jadwal ini dapat mengikuti pada jadwal dalam belajar anak saat di sekolah atau membuat jadwal belajar baru yang lebih mudah. Contohnya pada saat bangun pagi yang tepat, mandi, sarapan, belajar, istirahat dan bermain, lalu belajar sampai waktu yang sudah di tentukan, aktivitas bebas, mandi dan tidur.

3. Membantu Anak Belajar
Bantu anak untuk memahami pada materi yang di pelajari. Jelaskan dengan baik terhadap anak mengenai apa yang orang tua pahami. Jika tidak mengerti dalam materi pembelajaran, jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada guru atau mencari sumber yang tepat dalam menjelaskan materi terhadap anak.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *