Newcastle-online.com – Belanda merupakan salah satu kiblat sepak bola didunia. Negeri kincir angin itu tidak pernah berhenti melahirkan pemain-pemain sepak bola muda yang kemudian akan menjadi bintang sepak bola dunia.

Salah satunya yang paling membedakan sepak bola Belanda dengan negara-negara lainnya adalah cara pembinaan diusia mudanya yang sangat berhasil. PSV Eindhoven, Feyenoord Rotterdam dan Akademi Ajax Amsterdam tidak pernah berhenti menghasilkan pemain bintang.

Marco van Basten, Johan Cruyff, Ronald Koeman, Ruud Gullit, Frank Rijkaard, Patrick Kluivert, Frank de Boer, Wesley Sneijder, Ruud van Nistelrooy, Robin van Persie sampai Arjen Robben merupakan sebagian dari pesepak bola Belanda yang telah lahir dari pembinaan bibit-bibit muda Belanda.

Dengan para pemain muda itulah Ajax Amsterdam dapat menjuarai Liga Champions pada tahun 1971, 1972, 1973 dan 1995. Tiga kali berturut-turut pada tahun 1971, 1972 dan 1973 membuat Ajax Amsterdam sangat sulit disaingi oleh klub sepak bola mana pun. Feyenoord juga meraih piala yang sama pada tahun 1970 dan PSV pada tahun 1988.

Timnas Belanda adalah klub yang melahirkan total football, yang merupakan sepak bola mode menyerang dengan filosofil “pertahanan terbaik adalah menyerang”.

Di Piala Dunia, Timnas Belanda pernah menjadi juara kedua sebanyak tiga kali, tepatnya pada tahun 1974, 1978, dan 2010. Pada Piala Dunia tahun 2014, Belanda pun menempati posisi ketiga.

Oleh karena itu, banyak yang menangis sewaktu Belanda tidak lolos pada Piala Eropa pada tahun 2016 dan Piala Dunia 2018 yang lalu. Publik para pecinta sepak bola tidak akan melihat lagi total football pada Piala Dunia 2018 di Rusian.

Akan tetapi, sekarang harapan pun mulai muncul. Generasi baru dari Belanda sudah mulai bangkit kembali. Salah satunya adalah Justin Kluivert. Justin merupakan putra dari Patrick Kluivert yang lahir pada tanggal 5 Mei 1999. Generasi baru ini diyakini sebagai pemain sepak bola masa depan dari belanda.

Justin yang sekarang sedang merumput bersama dengan Ajax Amsterdam dan bermain untuk posisi sayap kiri ini merupakan peraih AFC Ajax Talent of The Future 2017. Kemampuannya bermain sepak bola disebut setara dengan Johan Cruyff.

Selain Justin Kluivert, para bintang muda dari Belanda lainnya yang telah diprediksi akan bersinar di masa yang akan depan antara lain Matthijs de Ligt (Ajax), Guus Til (AZ Alkmaar), Kenny Tete (Olympique Lyonn), Ruud Vormer (Club Bruges), Donny van de Beek (Ajax), Quincy Promes (Spartak Moscow), Steven Bergwijn (PSV), Nathan Ake (Bournemouth), Wout Weghorst (AZ Alkmaar) dan Tonny Vilhena (Feyenoord).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *