Desas-Desus Mengenai Pelecehan Seksual Di Jaringan Gereja SBC

Desas-Desus Mengenai Pelecehan Seksual Di Jaringan Gereja SBC

Ronnie Floyd, pejabat tertinggi komite eksekutif Southern Baptist Convention mengumumkan pengunduran dirinya Kamis malam, setelah berminggu-minggu pertemuan komite yang kontroversial tentang penyelidikan pelecehan seksual.

Desas-Desus Mengenai Pelecehan Seksual Di Jaringan Gereja SBC

“Karena integritas pribadi saya dan tanggung jawab kepemimpinan yang dipercayakan kepada saya, saya tidak akan dan tidak dapat lagi memenuhi tugas yang dibebankan kepada saya sebagai pemimpin entitas eksekutif, fiskal, dan fidusia SBC,” tulis Floyd dalam surat yang dikirim. kepada anggota komite eksekutif Kamis malam.

Komite eksekutif, yang menangani bisnis konvensi ketika SBC penuh tidak dalam sesi selama pertemuan tahunan dua hari, bertemu dalam beberapa minggu terakhir untuk memilih pengabaian hak istimewa pengacara-klien untuk penyelidikan penanganan komite klaim pelecehan seksual.

Floyd memihak penasihat hukum yang menyarankan komite eksekutif agar tidak mengabaikan hak istimewa, meskipun komite akhirnya memilih untuk melakukannya pada pertemuan Oktober. Floyd mengatakan pengunduran dirinya adalah akibat langsung dari itu. Komite Konvensi Baptis Selatan memberikan akses ke file istimewa di tengah penyelidikan pelecehan seks

Keputusan untuk mengesampingkan hak istimewa, “sekarang menempatkan perusahaan misionaris kami sebagai Baptis Selatan ke dalam perairan yang tidak pasti, tidak diketahui, belum pernah terjadi sebelumnya dan belum dipetakan,” kata Floyd dalam surat pengunduran dirinya. “Di tengah kekecewaan dan keputusasaan yang mendalam, kami harus membuat keputusan ini dengan pilihan kami sendiri dan melakukannya dengan sukarela, karena tidak ada keputusan lain yang harus saya buat.”

Sebagai kepala staf komite eksekutif, yang bekerja untuk perwakilan komite eksekutif, atau anggota, pengunduran diri Floyd adalah yang terbaru dan paling signifikan setelah pemungutan suara komite untuk mengabaikan hak istimewa.

Firma hukum yang menjabat selama bertahun-tahun sebagai penasihat hukum untuk komite eksekutif dan seluruh SBC mengundurkan diri Senin. Sepuluh anggota komite eksekutif juga mengundurkan diri pekan lalu. Pengunduran diri Floyd menimbulkan tantangan baru bagi komite yang sudah terhuyung-huyung dari kontroversi yang membagi anggota komite dan Baptis Selatan di seluruh negeri.