Suasana lebaran tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun- tahun sebelumnya karena bertepatan dengan adanya wabah Covid-19. Maka dari itu, kita akan harus lebih tahu akan kesehatan dan kekebalan tubuh saat menjalani puasa.

Kebijakan PSBB yang mengharuskan semua orang untuk tetap stay at home menjadikan kita kurang gerak. Oleh karena itu sangat penting untuk kita agar menjaga asupan gizi selama menjalani puasa agar terhindar dari dampak negative yang di akibatkan aktivitas tubuh yang kurang. Dan yang paling penting, cara makan yang benar juga wajib dilakukan.

1. Mengkonsumsi Serat dan Karbohidrat
Pada saat menjalani puasa, sekitar 13 jam tenggorokan dan perut kita tentu akan kosong dari makanan dan juga minuman. Ini bukanlah hal yang tidak mungkin akan kita merasakan lemas selama itu. Nah untuk mengatasinya, maka anda cobalah menu makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat seperti biji- bijian dan sayur- sayuran. Ini dapat membantu memberikan rasa kenyang dan menjaga kadar gula selama puasa.

2. Mengkonsumsi Menu Yang Berprotein
Menu sahur yang kaya akan protein biasanya harus untuk anda konsumsi. Karena, nutrisi yang satu ini menjadi pionir utama dalam meningkatkan imun tubuh, terutama saat sedang wabah covid-19. Protein ini juga akan membantu dalam pembentukan sel dan sumber energy sehingga tetap terjaga pertahanan tubuh anda.

Agar bisa mendapatkan protein, menjadikan menu sahur anda terdiri dari telur dan daging. Menu ini merupakan sumber protein yang kuat dan enak di lidah. Sebagai penutup sahur, anda juga bisa mengkonsumsi susu, keju dan juga yoghurt.

3. Minum Air Yang Cukup
Agar dapat menahan diri untuk tidak mengkonsumsi air selama 12-14 jam selama berpuasa. Untuk itu anda wajib minum air yang cukup pada saat sahur demi menjaga kemampuan pada tubuh. Apabila kadar air yang di minum kurang, kemungkinan besar suhu tubuh tidak akan stabil dan dehidrasi. Selain itu, kurangnya air bisa membuat lemahnya konsentrasi dalam beraktivitas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *