Pada dasarnya kunyit juga ternyata memiliki efek samping jika di konsumsi secara berlebihan seperti bisa memicu gangguan pada pencernaan. Kunyit juga pada umumnya sudah sangat di percaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tanaman rempah ini juga sering di gunakan sebagai obat untuk meredakan perut kembung, mual nyeri haid dan lainnya.

Sebenarnya kunyit ini tergolong sangat aman untuk di konsumsi dan sangat jarang terdengar bisa menimbulkan efek samping yang sangat serius. Namun pastinya seberapa aman pun tergantung cara setiap orang mengkonsumsinya, jika seseorang mengkonsumsinya secara berlebihan tentunya bisa memicu efek samping. Berikut efek samping yang bisa di timbulkan seperti :
1. Batu ginjal
2. Iritasi pencernaan
3. Ruam kulit
4. Sakit kepala dan mual
5. Intoleransi gluten dan penyakit celiac
6. Kontraksi
7. Kanker

Sebelum kalian mengkonsumsi kunyit ini, terlebih dahulu kalian harus mengetahui seberapa banyak kunyit yang bisa kalian konsumsi agar bisa berfungsi bagi kesehatan. Karena jika kalian konsumsi melebih dosis yang berlebih pastinya akan menimbulkan efek yang membahayakan seperti di atas. Namun untuk lebih aman sebaiknya anda bisa konsultasi kepada dokter terlebih dahulu, karena dokter pasti akan memberikan takaran yang sesuai terharap kondisi kesehatan yang sedang anda alami. Karena pasalnya kunyit bisa berinteraksi dengan berbagai jenis obat yang di konsumsi.

Kunyit ini di percaya dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, tapi bukan berarti anda bisa mengkonsumsi rempah yang satu itu sebanyak-banyaknya. Sesuatu yang di konsumsi secara berlebihan pastinya akan menimbulkan bahaya. Selain itu juga anda harus tetap menaati takaran yang sudah tertera pada kemasan agar tidak menimbulkan overdosis, dan jangan mengkonsumsi dalam bentuk suplemen khususnya jika kalian sedang mengalami kondisi atau penyakit medis tertentu. Karena jika anda sudah mengalami efek samping dari kunyit ini bisa menimbulkan beberapa gejala yang bisa berbahaya dan tentunya juga sangat menggangu.

Hal-hal yang perlu di perhatikan juga, jangan sesekali anda meremehkannya, apa lagi bagi orang-orang yang memiliki kondisi atau penyakit seperti :
1. Diabetes melitus
2. Gangguan pada empedu
3. Endometriosis
4. Masalah perdarahan atau gangguan pembekuan darah
5. Ibu hamil dan menyusui
6. Kanker payudara, kanker rahim, dan kanker ovarium
7. Kekurangan zat besi
8. Gastroesophageal reflux disease

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *