Lemon atau yang dikenal juga dengan sebutan jeruk sitrun merupakan jenis jeruk yang biasanya dipakai untuk penyedap dan penyegar makanan ataupun minuman. Lemon juga termasuk buah yang sangat luar biasa khasiatnya,

Buah lemon termasuk juga dalam keluarga buah jeruk seperti jeruk, jeruk bali maupun limau. Pohon lemon tumbuh secara alami didaerah yang beriklim hangat dekat dengan khatulistiwa.

Walaupun begitu, jeruk lemon juga bisa tumbuh didalam ruangan seperti didalam pot ataupun daerah yang beriklim lebih dingin. Lemon juga termasuk kedalam daftar makanan super karena mempunyai banyak khasiat yang berguna untuk membantu kesehatan tubuh dengan optimal.

Ingin tahu bagaimana khasiat dari buah kuning kecil yang sangat luar biasa ini membantu badan agar lebih sehat.

  1. Melancarkan Pencernaan
    Pembuangan sisa-sisa pencernaan bisa lebih mudah dengan cara mengkonsumsi jus lemon dengan teratur. Lemon juga meningkatkan gerakan paristaltik didalam perut, membantu pembuangan air besar secara teratur hingga menghilangkan limbah didalam tubuh dengan baik. Lemon diibaratkan seperti pemurni darah dan juga agen pembersih tubuh, sehingga saat minum lemon lebih baik setelah makan siang ataupun makan malam. Lemon juga membantu masalah pencernaan yanjg lain seperti saat naiknya asam lambung, namun berhati-hati jika ingin mengkonsumsi lemon ada baiknya tidak dicampurkan dengan susu. Tambahkan jus lemon dengan air hangat dan pertama-tama minumlah di pagi hari.
  2. Menstabilkan Darah Tinggi
    Kandungan kalium yang ada di lemon sama halnya dengan yang terdapat di dalam pisang yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit jantung. Kalium juga membantu mengontrol darah tinggi, mual dan pusing, karena lemon memberikan sensasi yang menenangkan untuk pikiran dan tubuh. Sehingga lemon sering digunakan untuk mengurangi masalah depresi dan stress mental.
  3. Mengatasi Sakit Pada Tenggorokan
    Tidak cuma tanaman herbal saja seperti manfaat jahe yang mampu untuk meredakan batuk, namun lemon juga sangat bagus untuk membantu mengatasi penyakit tenggorokan (tonsilitis). Hanya dengan kumur-kumur dengan air hangat yang sudah ditambahkan dengan satu sendok teh cairan lemon. Untuk pilek dan batuk berikan air hangat yanjg sudah ditambahkan dengan sedikit manfaat madu. Untuk asma tambahkan setengah sendok teh cairan lemon dengan secangkir air hangat dan minum sebelum makan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *